Custom Search

Thursday, May 6, 2010

Cara Merawat Accu/Battery Mobil

CARA MERAWAT ACCU KENDARAAN TOYOTA


Aki [accu/batery] merupa komponen penting dalam kendaraan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

* sebagai alat penyedia arus listrik untuk stater mesin,penerangan dan kelistrikan aksesoris mobil
* menstabilkan tegangan kendaraan dan memback up alternator bila tidak mampu memenuhi keLEbihan beban listrik yang diperlukan dikendaraan.
* berfugsi sebagai sumber arus listrik yang diperlukan oleh sistem jalannya operasional komputer[ecu]mobil artinya jika suplai listrik terputus,maka system dimodabil tidak dapat berfungsi.

JENIS-JENIS ACCU/BATTERY

Jenis accu dapat ditentukan oleh kandungan timbal {pb} dan kalsium {ca} didalamnya.Dipasaran 3 MACAM JENIS BATTERY,YAITU:


KONVENSIONAL/PREMIUM

Accu jenis ini membutuhkan perawatan [penambahan air aki]secara berkala.PLAT positip dan NEGATIF nya menggunakan pbsb dan pbsb.


HYBRID[LOW MAINTENANCE]

Accu jenis ini perawatannya lebih rendah jika dibandingkan dengan aki konvensional karena laju penguapan air laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya mengunakan kandungan pbsb dan pbca.Kendaraan Toyota terbaru umumnya menggunakan aki jenis ini.


MAINTENANCE FREE/MF/BEBAS PERAWATAN

Accu MF tidak perlu membutuhkan perawatan karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah.Plat positip dan negatifnya menggunakan pbca dan pbca.


Setiap jenis aki selalu ada kelebihan dan kekurangannya.Aki konvensional juga sangat baik asal kita rajin merawatnya.Namun jika tertarik dengan aki yang bebas perawatan,maka kita harus menyiapkan dana ektra karena harganya lebih mahal.


TIPS MERAWAT AKI

Meski memiliki fungsi yang sangat vital,kadang perawatan aki

kurang diperhatikan.Kurangnya perawatan terhadap komponen ini,tentunya dapat menimbulkan masalah terhadap kinerja aki,salah satunya akan berakibat lebih pendeknya usia pakai aki dari yang seharusnya.Berikut adalah tips merawat aki agar dapat bekerja

secara optiomal dan tentu saja tidak mudah rusak.


1.MATIKAN KOMPONEN KELISTRIKAN KETIKA MESIN MATI.

selesai berkendaraan ,matikan dulu komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin,agar muatan listrik pada aki tidak berkurang dan pada saat dihidupkan kembali,beban aki mampu memenuhi kebutuhan stater.


2.PANASKAN MESIN KENDARAAN

kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur aki.untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin memanaskan mesin secukupnya atau dapat pula melepas terminal negatif battery.

3.PERIKSA LEVEL AIR AKI

permukaan air aki harus dipertahankan antara atas dan batas bawah,oleh karena itu perlu diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali,jika air aki berada dibawah batas normal[lower level yg tertera dalam kemasan aki],sementara aki tersebut terus digunakan maka hal ini dapat menyebabkan terjadi kerusakan aki.pengisian yang melewati batas atas[berlebihan],airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan.untuk menambah air aki yang berkurang,gunakan air aki biasa,jangan menggunakan accuzuur,karena accuzuur hanya digukaan untuk aki baru yang belum dipakai.

catatan;

air accu biasa=air murni/air suling

accuzuur=campuran air murni dan asam sulfat[H2SO4]


4.PERIKSA TERMINAL AKI

kondisi kendor dan karat terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna,hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pada bagian sambungan.jika sambungan dengan terminal kendor tinggal dikuatkan saja,namun jika permukaan terminal aki kotor atau berkarat maka harus dibersihkan dengan menggunakan sikat kawat.


5.PERIKSA PENGIKAT AKI

pastikan aki diikat dengan kuat atau posisinya tidak bergeser bila mobil berjalan.aki yang sering terguncang umurnya menjadi lebih pendek.namun jangan terlalu kencang,karena akan mengakibatkan kerusakan fisik[pecah/retak]pada badan aki itu sendiri.

6.PERIKSA APAKAH TERDAPAT KEBOCORAN AKI

berhati hatilah pada area yang ditemukan kebocoran dari bagian aki,segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada aki.apabila terjadi kebocoran dari badan aki,segera ganti aki dengan yang baru.



7.PERIKSA BERAT JENIS AKI

jika aki telah diisi ulang,cek berat jenis aki dengan mengunakan hydrometer [biasanya terdapat dibengkel-bengkel].jika berat jenisnya dibawah ukuran dari aki tersebut ,gantilah aki tersebut dengan aki yang baru.


8.PEMASANGAN DAN PELEPASAN AKI

untuk pemasangan aki,pastikan tidak ada benda benda asing dalam dudukan aki.hubungankan kabel positip terlebih dahulu pada terminal positip aki,kencangkan bautnya,kemudian hubungkan kabel negatif pada terminal negatif.

untuk melepaskan aki,pertama tama matikan instrument yang bermuatan listrik,dan tentunya dipastikan kendaraan dalam kondisi mati.pada saat melepaskan kabel ,maka lepaskan terlebih dulu kabel negatif baru kemudian kabel positif.


HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK KESELAMATAN

.TIDAK BOLEH MENYALAKAN API DEKAT AKI,SEPERTI MENYALAKAN KOREK,MEROKOK DAN LAIN SEBAGAINYA,KARENA AKI MENGANDUNG HIDROGEN YANG MUDAH MELEDAK.

.JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK ANAK KARENA KOMPONEN AKI TERBUAT DARI BAHAN KIMIA YANG BERBAHAYA.

.GUBAKAN KACA MATA PELINDUNG PADA SAAT MEMASANG ATAU MEMPERBAIKI AKI KARENA AIR AKI SANGAT BERBAHAYA.

.

.HATI-HATI DENGAN ACCUZUUR,KARENA DAPAT MERUSAK KULIT DAN MEMBUTAKAN MATA

.JIKA ACCUZUUR MENGENAI MATA ANDA SEGERA BASUH DENGAN AIR BERSIH BAGIAN YANG TERKENA DAN SEGERA PERGI KEDOKTER.JIKA ACCUZUUR MENGENAI KULIT ANDA,BASUHLAH BAGIAN YANG TERKENA ACCUZUUR DENGAN SEKSAMA.JIKA ANDA MERASA SAKIT DAN TERBAKAR,SEGERA MINTA PERTOLONGAN DOKTER


DIambil DAri CustoMer RelAtioN DepPartment PT.TOYOTA-ASTRA MOTOR 2010

No comments:

Post a Comment